Nonton pameran mobil

Minggu kemarin rencananya cuma pengen nonton aja di MOI kelapa gading. tp karena tempat pameran mobil internasional yang ada di daerah Kemayoran cukup dekat akhirnya mampir dulu sebentar. (rock) Lokasi tepatnya di Jakarta International Expo-Kemayoran biasa disebut arena PRJ. dan akan berlangsung sampai 1 Agustus 2010 nanti. Oia tiket masuk untuk hari senin-kamis 25rb dan jumat-minggu 30rb rupiah.

Bukan kali pertama saya ikut di pameran ini, dahulu ketika kuliah saya sempat melihat pameran yang lokasinya berada di JCC Senayan. Ketika itu namanya masih Gaikindo Auto Expo, kalau ga salah mulai tahun 2006 berubah namanya menjadi Indonesia International Motor Show.

Pemilihan lokasi di arena JIE yang cukup besar dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan peserta pameran karena bisa menampung cukup banyak peserta dibandingkan dengan di JCC senayan, dan juga bisa tersedia fasilitas test drive kendaraan di halaman yang cukup luas jadi calon pembeli bisa merasakan langsung mengendarai mobil. Juga untuk para peserta aksesoris mobil dan lainnya juga mendapatkan space yang cukup luas dibanding bila hanya di koridor seperti di JCC.

Namun, saya merasa kurang terasa gregetnya sebagai pameran berskala internasional. Yang pertama soal parkir yang cukup berantakan dan tidak teratur meskipun banyak petugas disana, selain membayar tiket parkir di loket pun masih diminta oleh petugas yang ada disana (annoyed) Selain itu lokasi parkir terbuka yang cukup jauh dari gedung membuat tersiksa ketika siang panas dan merepotkan ketika hujan tiba, andaikan terdapat kanopi mungkin akan membuat lebih nyaman lagi.

Selanjutnya saya merasa banyak pengunjung yang tidak memperhatikan kebersihan dan membuang selebaran/brosur begitu saja, atau ketika jajan di kedai yang banyak di dekat Hall pameran mereka membuang sampahnya begitu saja. Memang banyak petugas kebersihan, namun mereka kewalahan juga dengan begitu banyaknya pengunjung yang membuang sampah itu.

Soal acara pun sebetulnya cukup nyaman dan enak diikuti, namun ketika berpindah Hall, yang artinya harus keluar ruangan untuk menuju hall berikutnya, akan terasa tidak nyaman karena dari ruang AC yang dingin lalu keluar langsung terasa panas menyengat, andaikan setiap hall dibuat lorong yang menghubungkan sehingga nyaman. dan lagi beberapa SPG dan SPB di ATPM masih ada banyak yang cuek dengan pengunjung bahkan ada yang terkesan mengusir (nottalking) . Emang sih saya ga beli, tapi mobil yang dipamerkan sudah menjadi sewajarnya dicoba dan tugas mereka menawarkan mobil itu bukan mengusir calon pembelinya..

Tadinya saya mau mencoba beberapa mobil yang cukup menarik, namun batal saya laksanakan melihat antrian yang cukup fantastis pada beberapa mobil, untuk mobil yang saya lihat sepi peminatnya ternyata mengharuskan membayar tanda jadi sekian juta rupiah andaikan ingin mencoba mobil itu (doh)

Saya lantas berfikir apa gunanya datang ke pameran kalau mau test drive saja antri panjang? atau harus membayar tanda jadi sekian juta untuk sekedar mencoba mobil yang belum tentu saya putuskan untuk beli? lebih baik saya datang ke Dealer langsung dan mencoba di tempat, seperti yang biasa saya lakukan, dan lebih enak karena bisa mencoba langsung di jalan raya bukan di halaman pameran seperti ini 😀

Sedikit saran dari saya kalau pengen datang, pastikan datang lebih pagi agar dapat tempat parkir yang dekat dengan loket masuk, kemudian isilah langsung kupon doorpize di pintu masuk, karena kotak undiannya ada di Hall C dan D jadi sekalian melihat pameran langsung masukin ke kotak, daripada udah keluar ternyata kotak undiannya di dalam. Pastikan sudah makan atau membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah, maklum tempat pameran harganya lumayan menguras dompet. oia kalau perlu peta lokasi bisa di download disini  dan selamat menikmati pameran 🙂


Leave a Reply