Konsumsi BBM Ninja

Menurut beberapa situs dan pengujian, konsumsi BBM ninja 250 berkisar antara 25 km/liter, buat ngebuktiin maka dilakukan tes kecil-kecilan terhadap ninja gua. Pertama dateng, ninja langsung diisi penuh dengan pertamax, trus dipake jalan2 keliling2 komplek, beli jangkrik, beli tempe dan lain-lain. Setelah berjalan 210 km, diisi lagi sampai penuh sebanyak 12,3 liter, maka diperoleh konsumsinya (210/12,3)=17,07 km/liter, ini kondisi motor cuma jalan pelan-pelan banget dan jarak deket, hasilnya paling boros. Setelah itu odometer motor direset 0 lagi, kali ini karena STNK dan plat sudah turun, maka perjalanan bisa rada jauh, kadang sehari bisa sampai 80an km hingga berjalan kembali 293 km, kali ini habis pertamax 12,4 km, jadi konsumsinya (293/12,4)=23,6 km/liter, nah ini termasuk irit soalnya kondisi putaran mesin konstan dan kecepatan stabil.

Kedua kondisi diatas adalah kondisi baru keluar dari pabrik dan RPM(putaran/menit) dipanteng ga pernah lebih 4ribu rpm, yah sesekali lewat sich wajar :P. Trus setelah isi full yang kedua motor di servis pertama, abis itu dipake jalan lagi. kali ini RPM sering lewat 8rb rpm dan setelah jalan 291 km diisi lagi habis 13,6 liter, jadi konsumsinya (291/13,6)=21,39 km/liter, klo yang ini kayanya gara-gara di bengkel bensin gua dituang buat ngebersihin filter oli lebih kali setengah liter yang dituang :P.

Jadi intinya dengan berat gua yang rada berat (halah) maka sudah seharusnya konsumsi BBM Ninja akan berbeda dengan ninja2 yang lain, yang penting masih jauh lebih irit bawa ninja dibanding bawa mobil…


Leave a Reply