Mematikan Touchpad Asus X201e

Download Camera Bits Photo Mechanic 6.1 Build 6031 With Crack [Latest] 2021 Free

Postingan ini dibuat akibat sang IT gantengnya jeng Luvie (ninja) tidak bisa memperbaiki masalah touchpadnya si Asus X200e milik luvie, yang tidak bisa dimatikan atau di disable sehingga tidak mengganggu posisi kursor atau tidak sengaja tersentuh ketika sedang mengetik (thinking)

Asus X200e pink

Sumber gambar : http://www.asus.com/media/global/products/IVotBp2Edz4XzX1Q/uKgjWK8qcqp5qATU_480.jpg

Berawal dari obrolan di whatsapp yang menyatakan bahwa touchpadnya si luvie kok tidak bisa mati, seharusnya dengan kombinasi tombol fn+f9 akan mematikan fungsi touchpad sehingga tidak mengganggu ketika sedang mengetik, karena luasnya bidang touchpad tersebut dapat tidak sengaja tersenggol atau tertekan ketika sedang mengetik panjang.

326PjTAIvVBXgHOH_480Sumber Gambar : http://www.asus.com/media/global/products/IVotBp2Edz4XzX1Q/326PjTAIvVBXgHOH_480.jpg

Nah, setelah saya cek ternyata benar fungsi tombol fn+f9 tidak bisa berfungsi untuk mematikan touchpad tersebut. bahkan dari kombinasi fn+f1 sampai dengan fn+f12 hanya beberapa tombol yang berfungsi normal, yaitu hanya tombol sleep fn+f1 dan tombol kecerahan layar (brightness) fn+f5 dan fn+f6 tombol lain seperti volume dan mute tidak bekerja.

kecurigaan pertama pada hardware, setelah di cek ternyata fungsi f9 saja berfungsi normal, cara  mengecek tombol f9 adalah dengan membuka aplikasi kalkulator lalu tekan f9, jika tombol berfungsi maka akan muncul tulisan negate(0)

kalkulator negate(0)

Berarti bukan dari tombolnya, karena tombol keduanya berfungsi normal, lalu kecurigaan pada keyboard drivernya, yaitu biasanya merupakan program untuk mamaksimalkan fungsi tombol fn pada keyboard. Install Keyboard Device Filter Utility tetap belum bisa berfungsi normal (doh) padahal kalau ditekan fn+f1 sampai fn+f12 muncul notifikasi animasi apa saja yang ditekan seperti mematikan fungsi nirkabel atau membesarkan volume suara.

Berlanjut ke driver si touchpad yang belum diinstall, ketika sudah diinstall ASUS Smart Gesture (Touchpad Driver)  dari link ini, dan juga install ATKACPI driver and hotkey-related utilities, restart, dan berfungsilah tombol tersebut untuk mematikan touchpad (dance) (yahoo) dan terbukti IT ganteng si Luvie cuma bisa buat digandeng ke kondangan (haha) , itupun kalau.. *ilangsingal* (lmao)


11 Responses to “Mematikan Touchpad Asus X201e”