Apa rasa air dirumahmu?

Asal muasal saya nulis ini gara-gara pengen nyumbang tulisan buat  blog action day 2010 soal air dan juga beberapa hari yang lalu ketika minum dari air mineral gelas, saya rasa kok air ini seperti berasa aneh padahal tanggal kadaluarsanya masih lama, dan air itu tidak berbau namun memiliki rasa seperti bunga mawar (okok) , setelah saya amati ternyata dari dus yang sama beberapa tidak berasa apa-apa dan beberapa memiliki rasa yang aneh itu. Saya sih ga bakal minta atau nuntut apa-apa dari perusahaan itu, toh udah saya buang semua. Namun kok bisa ya air berasa aneh tapi ga ada perbedaan warna atau aromanya.  IMG00433-20101014-1247

Dirumah saya di daerah Depok, airnya hampir tidak ada rasanya, paling rasanya dingin kalo dari kulkas (haha) dan begitu juga bagi ketika main ke daerah bogor menurut saya rasanya sama aja, beda ceritanya ketika saya bertamu ke rumah saudara saya di daerah Pluit Jakarta utara, airnya seperti berasa kurang segar. Sama dengan rumah keluarga di Bandung yang menurut saya berasa seperti besi berkarat (doh) namun yang lebih parah ketika minum air di daerah gunung yang ketika diendapkan ada seperti kapur di dasar gelas (hassle) ..

Nah air tersebut diatas berbeda rasa dan warnanya karena dari daerah yang berbeda-beda juga, dimana kondisi sekitar air tersebut yang membuat air “memiliki” aroma dan rasa yang berbeda-beda. juga ketika proses memasak air tersebut apabila kurang matang atau pancinya juga tidak bersih, maka air akan dapat berubah rasanya. Tapi kenapa air mineral tersebut bisa berasa aneh ya (thinking) .

beberapa kemungkinan yang menyebabkan air tersebut berasa aneh adalah dari awal sumbernya sudah tidak bersih karena terkontaminasi oleh zat lain, atau ketika proses di pabrik tercampur oleh suatu zat lain, dan bisa juga ketika disimpan dalam gudang terletak dekat dengan suatu zat lain yang memiliki aroma menyengat danberbau tajam atau terjemur sinar matahari dalam waktu lama, seperti peringatan dalam kemasan air tersebut.

Apapun yang membuat air memiliki rasa aneh atau aroma lain patut di waspadai, karena air yang terkontaminasi dapat menganggu kesehatan. Lalu bagaimana cara merasakan air murni? bagaimana bisa mendapatkan rasa air yang benar-benar murni?

Cara sederhana dengan proses penyulingan, dimana air yang dipanaskan akan menguap dan setelah proses kondensasi uap itu akan kembali menjadi air. Diyakini bahwa air hasil penguapan tersebut adalah air yang murni selama dalam proses tersebut tidak terkontaminasi oleh zat-zat lain.

imageJadi bagaimana dengan air di rumah Anda? apakah ada rasanya? 


4 Responses to “Apa rasa air dirumahmu?”