Nov 10 2008

Altimeter

Kutipan menurut Wikipedia

Altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya digunakan sebagai navigasi dalam penerbangan, pendakian, dan kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian.image

Altimeter bekerja dengan beberapa prinsip.

  • tekanan udara (yang paling umum digunakan)
  • Mangnet bumi (dengan sudut inclinasi)
  • Gelombang (ultra sonic maupun infra merah, dan lainnya)

Penggunaan Altimeter umumnya selalu diikuti dengan penggunaan kompas.

Jelek-jelek gini mobil gua ada altimeternya lho, ada 2 lagi , yup ada Dua :). walapun pada awalnya gua sempet ragu ini alat berfungsi beneran apa cuma jadi pajangan doang.

Altimeter atas (plafon mobil) sama Altimeter Dashboard

altimeter atasaltimeter bawah

Sampai hari sabtu kemaren (8/11) ada undangan ramah tamah Teknik Elektro UNJ angkatan 2008 di villa Merpati Cisarua Bogor, perlahan tapi pasti mobil ini merayap dan akhirnya sampai juga di lokasi acara. Pada awalnya sich ga kepikiran biat ngeliat instrumen-instrumen ini, sampai dipagi hari pas mau manasin mobil kok jarumnya berubah, ternyata Altimeternya masih bekerja keduanya

altimeter atas 1altimeter bawah 1

Ini bukan rekayasa lho, tapi beneran altimeter yang di plafon nunjukin angka 7,5 kira-kira 750 meter diatas permukaan laut sedangkan yang di dashboard nunjuk ke angka 11 kira-kira 1100 meter diatas permukaan laut. Lho kok beda?? ternyata setelah sampai di Rumah baru ketauan kalo titik awalnya beda, yang di plafon nunjuk ke angka 0, sedangkan yang di dashboard nunjuk ke angka 4.. Lho tetep aja beda, yang plafon kan jadi pas bedanya 0 ke 750 meter dari rumah ke cisarua, kok yang di dashboard cuma 4 ke 11 atau beda 700 meter??

Jawabannya : Gua ga tau deh mana yang bener, kayanya sich keduanya bener soalnya kan keduanya belum di kalibrasi dulu titik NOL nya, dan juga mungkin keduanya saling melengkapi soalnya yang di dashboard lebih jauh rangenya sampai diatas 3000 m DPL Harusnya sich gua bawa GPS buat kalibrasi dulu ya 🙂 Ntar deh kalo  ada kesempatan gua tes pake GPS apakah pembacaan altimeter di mobil gua akurat. Yang penting sekarang gua tau kalo kedua instrumen itu bukan cuma pajangan…