icip-icip 4G ah…

Belakangan lagi marak iklan di koran atau televisi yang isinya kira-kira menyatakan bahwa telah hadir teknologi 4G di Indonesia, ya walaupun baru di sekitar Jabodetabek aja sih dan juga masih banyak daerah yang belum tercakup layanannya. Tertarik dengan iklan (idiot) akhirnya iseng mau nyoba juga deh (goodluck)

ATT-4G-LTE

Sumber gambar : http://techsavvyreport.com/wp-content/uploads/2013/08/ATT-4G-LTE.png 

Awalnya sih udah denger dari bulan lalu, terus iseng beli modem wifinya yang berharga lumayan miring di salah satu forum terbesar di Indonesia. Tapi karena pada awalnya belum dapat di aktivasi, maka saya hanya beli yang versi unlocknya saja alias dapat pakai kartu lain (ninja) jadi dapat digunakan pakai kartu yang selama ini saya pakai di modem.

Untuk modem wifi sendiri banyak yang sudah mengulas detailnya ZTE MF90, dapat digunakan maksimum 8 pengguna dan dapat bertahan sampai 8 jam dengan low range wifi. tapi ya semua tergantung sinyal dan kondisi lokasi serta keaktifan pengguna ya (okok)

Lalu untuk si LTE sendiri kapan ngetesnya kan ga punya kartu (taser)

Semua berawal dari adik saya si yosi yang juga membeli modem serupa plus kartunya, tapi di rumahnya ternyata ga ada sinyal (doh) lalu saya pinjam aja buat ngetes di lokasi saya dan ternyata ada (yahoo) yah walaupun ga full sinyalnya sih (goodluck)

sebagai acuan tes sih standar pakai website speedtest.net aja.. kalau ada yang nanya kenapa ya memang saya iseng ngetes disitu aja ga ngetes pakai metode lain, lalu lokasi di depok nih petanya kalau ada yang nanya kecakup oleh jaringan atau ga di sepanjang jalur jalan itu katanya kecakup. 🙂

bolt

okeh lalu ini tesnya

pertama jaringan adsl yang ada, cukup lumayan sih

speedy

terus bandingin sama yang 4G

4g

sama operator yang satu huruf itu yang biasa saya pakai

three

kalau ini di tempat lain deket ke jakarta sih dan ngetesnya pakai hape jadul..

IMG_2855

situasi pas ngetes hujan.. mendung rata.. jadi ya kalau memang ada yang berbeda sama iklan ya wajar.. tapi kalau disuruh memilih sih kayanya belum sesuai dengan iklan ya. apalagi sekarang kan belum banyak yang pakai, jadi kalau nanti tiba-tiba tambah lemot ya wajar  atau tambah kenceng ya berarti untung (lol) dan lagi semua tergantung lokasi dannasib.. siapa tau di daerah anda lebih kenceng sampai bener2 10x lipat (drinking)


3 Responses to “icip-icip 4G ah…”

Leave a Reply