Ruang Henti Khusus Motor, Efektif?

Udah lama ga lewat Jalan Juanda ke arah Margonda Depok, ternyata pas di lampu merah ada rambu lalu lintas yang baru, di lampu merah itu ada tanda tambahan yang gambarnya kaya gini, tertulis mobil dilarang berhenti pada RHK sepeda motor. (thinking)

IMG_00000465

Mobil dilarang berhenti pada RHK sepeda motor

RHK atau Ruang Henti Khusus merupakan suatu marka di lampu merah yang merupakan lokasi dimana motor harus berhenti didalam marka itu dan mobil atau kendaraan roda 4 atau lebih tidak boleh masuk ke RHK itu. Klo di lihat banyak kota sudah menjalankan RHK ini, Depok sepertinya baru mulai dan sepertinya masih kurang banyak sosialisasinya, contohnya seperti mobil didepan ini yang dapat dilihat dia masuk ke RHK ketika lampu merah (woot) . ini Kondisi saya ambil foto ketika siang hari, entah bagaimana kalau pagi/sore hari ketika lalulintas sungguh ramai dan padat.

IMG_00000467

seharusnya RHK ini merupakan salah satu solusi untuk menertibkan kendaraan yang berhenti di lampu merah, karena seperti yang diketahui banyak orang terutama motor yang berhenti seenaknya saja, melewati garis, bahkan berhenti di atas zebra cross, dimana seharusnya ini merupakan tempat orang menyebrang sehingga makin semrawut saja. Lampu masih merah pun masih ada aja yang menerobos.

lalu balik ke RHK, RHK ini juga merupakan marka, bukan jaminan bahwa dengan adanya marka ini maka motor dan mobil akan tertib, semua ini kembali kepada pengendaranya, kalau memang pengendaranya sadar diri dan mau ikut antri tentu tanpa RHK pun lalu lintas akan tertib. Jadi keefektifan si RHK ini perlu didukung oleh pengendara yang sadar lalu lintas, paling ga kalau memang bisa mengendarai mobil kan bisa membaca tulisan yang besar itu, jadi baik mobil atau motor dapat tertib di lampu merah dimanapun juga walaupun tidak ada RHK. (drinking)


One Response to “Ruang Henti Khusus Motor, Efektif?”

Leave a Reply