Simpan data di awan

Beberapa saat yang lalu ketika sedang di penghujung semester dan mahasiswa lagi pada galau mengerjakan skripsi (lol) , salah seorang mahasiswa bertambah galaunya berkali lipat gara-gara  hard disknya eror dan seluruh datanya hilang. sedangkan yang ada di flashdisknya masih berupa draft saja. (doh) beruntung dari file revisi yang dia kirim masih dapat diselamatkan beberapa data-datanya. namun cukup banyak waktunya yang hilang karena masih harus memperbaikinya. Andaikan saja dia melakukan sinkronisasi atau dengan membuat cadangan, maka hal tersebut tidak harus terjadi. (thinking)

stock-photo-12632606-broken-hard-disk-drive

Membuat cadangan data kadang merupakan hal yang mudah terlupakan. setelah menyimpan data kita anggap sudah selesai dan matikan komputer begitu saja. Data yang lupa kita buat cadangannya ketika rusak akan membuat stress apalagi klo data skripsi bisa galau tingkat dewa (ninja) . tapi kadang ada juga sih orang yang super paranoid sampai membuat cadangan di lebih dari beberapa media seperti flashdisk, dvd rw, hard disk eksternal, disket, komputer orang lain pun diisi datanya dia (haha)

Padahal kalau jaman sekarang, membuat cadangan data itu mudah asal punya koneksi internet. siapa sih yang ga punya koneksi internet? jaman sekarang main di mall, kampus atau tempat umum akan mudah menemukan koneksi internet gratis, kalau mau modal dikitpun sekarang internet unlimited sudah semakin murah kok. dan sudah semakin banyak penyedia layanan penyimpan data online yang gratis. kapasitasnya pun beragam ada yang gratis 1Gb, sampai lebih dari puluhan giga pun ada, mau lebih?ya bayar pasti dapat lebih besar lagi (tongue)

cloud_storage-service-solution-cloud-computing

Sumber Gambar : http://1.bp.blogspot.com/-cs3brZ5Fcc8/T2X8JBlDyFI/AAAAAAAAAjY/OIQLOgn3FIw/s1600/cloud_storage-service-solution-cloud-computing.png

Sebut saja google dengan google drivenya, lalu microsoft dengan skydrive, lalu ada apple dengan icloudnya, belum lagi dropbox, opendrive, box yang masing-masing tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, ada yang bisa di sinkronisasi dengan seluruh perangkat komputer, laptop, telepon, tablet dan seluruh sisitem operasi, ada juga yang hanya bisa di sinkronisasi cadangannya dengan merk tertentu saja. jadi kapanpun dimanapun asalkan memiliki koneksi internet dapat mengedit atau merubah isi dokumen dan seluruh perangkat yang tersambung akan terbarui datanya.

Banyak yang takut datanya akan hilang dicuri orang atau disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. jika berfikiran demikian, maka haruslah dibuang jauh-jauh. layanan tersebut walaupun gratis mereka memiliki standar keamanan yang tinggi, dan juga bisa dibaca dalam perjanjian sebelum mulai menggunakan layanan ini apa saja hak dan batasan yang telah diberikan oleh mereka. Selama katakunci atau password yang dimiliki tidak diambil orang maka saya rasa data yang disimpan itu akan tetap aman.

Namun dilihat dari kenyamanan dan kepraktisan layanan yang ada, tetap lebih bijak kalau membuat cadangan data secara berkala dimedia lain secara offline, karena data yang online tentu membutuhkan koneksi internet yang tinggi dan stabil.


3 Responses to “Simpan data di awan”

Leave a Reply