Internal Modem Thinkpad Edge 11

Thinkpad Edge 11 ini termasuk laptop terlama yang menemani saya, awalnya sih iseng cuma mau upgrade ram laptop jadul ini, secara ram standarnya cuma 2Gb. Kalau buat aplikasi sih kadang rada lemot, jadi dengan niat sepenuh hati terbongkarlah laptop ini (goodluck)

IMG_1504

Oh iya tipe laptop ini ada beberapa macam, milik saya kode bawahnya tipe 0328-2NA kemungkinan ada perbedaan dengan tipe-tipe lainnya. TYPE

Bukanya sih gampang, ada 3 baut dibagian bawah, kendorin aja, terus tarik ke arah depan maka seluruh bagian bawah akan terbuka, disitu kita bisa akses RAM dan HDDnya secara langsung Jangan lupa batre harus dilepas dahulu dan adaptor ke sumber AC harus terlepas.

76286_loosenscrews

Gambar Ilustrasinya

Sumber http://support.lenovo.com/fr_FR/product-and-parts/detail.page?&LegacyDocID=MIGR-76286

 edge-11-09-big

Bagian Bawah

Sumber : http://img.hexus.net/v2/laptops/lenovo/thinkpad-edge-11/edge-11-09-big.jpg

20110328_edge11_inside

Sudah Terbuka

Sumber : http://blog-imgs-42.fc2.com/s/i/l/silver0480/20110328_edge11_inside.jpg

Lepas RAM sih mudah, tinggal tarik penguncinya, lalu pasang RAM lagi jadilah nambah memorynya (dance)

pengunci ram

Pengunci RAM

Tapi ada hal menarik yaitu ada slot SIM card dan slot mini-Pci express yang masih kosong (thinking). Setelah browsing, saya menemukan memang ada tipe edge 11 yang menggunakan internal modem, dan tipenya ada lengkap didalam hardware maintenace manual di situs resminya. Tipenya Gobi 3000, Leadcore LC5370D dan huawei EM6603g modem

Setelah mencari kemana-mana, ternyata sulit juga mendapatkan modem tersebut, ada juga yang jual di ebay atau situs luar namun harganya lumayan (annoyed) untungnya di situs ini ada yang jual huawei EM770, beda dikit ama EM660 (ninja) dan udah saya beli stok terakhir jadi ya ga tau ada sisa apa itu disitusnya (haha)

Nah dengan modal nekat kuadrat, mulailah dipasang itu modem, tinggal pasang di slot mini Pci-expressnya dan dibaut. permasalahan muncul adalah laptop ini tidak mempunyai kabel antena external untuk modem ini (lonely) karena pada dasarnya memang tidak ada modem internalnya (doh)

IMG_3975Kabel antena tidak ada (cry)

Iseng-iseng dilihat ternyata kabelnya si WLAN itu kok bentunya sama, lalu dicoba aja itu kabel ditarik dipasang ke modemnya, dan ternyata bisa terpasang (yahoo) kemudian masuk ke windows, boot terbaca ada modem baru, diinstall driver dan dial manager dari situs ini,

3g diagnostic

Kebaca sinyalnya juga bagus.. permasalahannya tinggal ini WLANnya ga mau jalan karena antenanya diambil ke modem (doh) (annoyed) bongkar lagi dan iseng hanya dipasang kabel bagian MAIN saja, yang AUX dibiarkan tanpa kabel, jadi masing-masing modem dan WLAN hanya menggunakan kabel antena yang MAIN saja. reboot dan keduanya berfungsi normal (rock)

Sekarang kemana-mana kalau ga dapet sinya wifi ya tinggal buka mobile parnernya terus internetan deh (tongue) 

Perhatian : kalau mau coba-coba silakan dengan resiko ditanggung sendiri ya 🙂


6 Responses to “Internal Modem Thinkpad Edge 11”

Leave a Reply