sedikit tips buat hadapi kemacetan

Pagi ini sebenernya jatahnya santai, berhubung ada kerjaan terpaksa masuk pagi (annoyed) dan seperti hari-hari lain dirute yang gua lalui kalo pagi lumayan bikin pegel kaki terutama betis 🙁 padahal tadi udah bangun pagi dan sampe jalan tol lebih pagi dari biasanya tapi ternyata macet bener, gara-gara ada satu mobil yang kecelakaan di tol.. jadi telat deh (lonely)

Nyungsep

 

Gambar diatas ilustrasi aja kok, bukan itu yang bikin macet tadi pagi, gambar itu bikin macet beberapa minggu yang lalu (doh) . Saking padatnya lalulintas jalan andaikan ada satu mobil berhenti karena rusak atau kecelakaan maka macetnya bisa berjam-jam. hujan dan genangan air juga bisa memperparah macet. Apalagi kalau pas jam berangkat atau pulang.. nasib dah (tears)

Oke jangan patah semangat, berikut saya kasih tips yang mungkin berguna mungkin juga malah nambah stress (goodluck) oia ini gua buat berdasarkan pegalaman sebagai supir ya. klo motor atau angkot atau kereta saya kurang paham, moga-moga sama sih (tongue) dan ingat, ini bukan tips biar ga macet, hanya tips menghindari macet yang lebih parah dari biasanya (haha)

1. Cari info sebelum berangkat, dan selama dijalan

Sekarang banyak cara buat tau kondisi lalulintas rute sebelum berangkat, via radio, Tv, atau via social media juga bisa tau kira2 rute yang normalnya macet sekian jam itu tambah macet apa kaga, pantau terus siapa tau ada perubahan selama dijalan, seperti hujan yang bisa tiba-tiba bikin banjir, harus selalu waspada rute kita.

2. Perbanyak pengetahuan soal rute alternatif

Apabila sudah terpantau rute normalnya ternyata bakal lebih macet, alangkah baiknya jangan maksain lewat situ, mending cari jalan muter yang ketauan agak lebih sedikit macetnya. kadang lebih cepet muter dibanding nungguin macet ga jelas. Kalau mau iseng, coba setiap hari jangan lewat jalan yang sama, bandingin perbedaan waktunya dan perbedaan lokasi macetnya. dari situ bisa diambil kesimpulan rata-rata perjalanan tiap rutenya untuk perbandingan andai rute yang normal macet parah.

3. Perbanyak latihan

Bukan latihan nyetir atau latihan kungfu, tapi latihan membaca situasi jalan.. setiap hari lewat suatu jalan selama bertahun-tahun pasti paham lokasi-lokasi kemacetannya, contoh jikalau suatu pagi melihat ada orang siap-siap menggali kabel tanah, maka bisa dipastikan sore harinya bakalan macet lebih dari biasanya. Latihan membaca situasi jalan akan membantu menentukan rute mana yang lebih bijak diambil.

4. Selalu sabar

Sabar dalam artian andaikan kena macet, jangan terpancing oleh pengemudi lain untuk motong jalur orang atau ngelawan arah, itu kaga bikin lebih cepet sampe atau ngurangin macet, malah bikin tambah macet, tambah lagi dosa bakal nambah karena dimaki-maki orang lain

5. Banyak berdoa

Andaikan itu semua sudah dicoba dan tetep aja kena macet yang parah ya tinggal pasrah aja dah.. dengerin musik aja atau coba cari ide-ide liar yang kadang bisa muncul saat bengong nungguin macet. asal jangan bengong pas lagi jalan ya. Bahaya!!

Okay segitu aja deh moga-moga tips ngasal gua bisa membantu mengurangi bete dan jengkel pas kena macet tambahan ya (bye)


2 Responses to “sedikit tips buat hadapi kemacetan”